Sosialisasi Perencanaan Tata Ruang Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis

Ciamis, Www.Fokusberitaindonesia.com,- Sosialisasi perencanaan tata ruang Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis dihadapan seluruh ketua RT dan RW dengan dihadiri oleh TAPD Kabupaten Ciamis, TAPD kecamatan Lakbok, Pendamping lokal desa, Juga dihadiri oleh seluruh anggota BPD Desa Cintaratu, LPM serta hadir juga seluruh perangkat Desa Cintaratu. Jum’at 22/7/2022

Kepala Desa Cintaratu Ahmad Musadad mengatakan, Pemerintah Desa Cintaratu dalam melaksanakan Sosialisasi rencana pembuatan RDTR ini karena Desa Cintaratu merupakan desa terpadat no 2 di kecamatan Lakbok dengan luas wilayah 383 Ha, Dengan rincian, Areal persawahan 190 Ha dan areal pemukiman 193 Ha. Areal pemukiman masih dikurangi areal PT.KAI kereta api jalur selatan jawa, Areal HGB PT. PERTAMINA (persero) dan Areal KEMENPUPR/BBWS Citanduy yaitu daerah irigasi / DI LAKBOK UTARA.

“Yang akhirnya areal pemukiman menjadi sangat sempit ketika dihuni oleh jumlah penduduk berkisar sekitar ± 8000 jiwa. Dengan areal sesempit itu banyak sekali bermunculan industri UKM gula merah sukrosa, UKM nata de coco dan UKM lainnya dan pergudangan yang secara otomatis perlunya penataan ruang di Desa Cintaratu,” ungkapnya.

“Kedepan, dengan dibuatnya RDTR, Desa Cintaratu bisa tertata dengan detil alokasi penempatan segala aspeknya,” tambahnya.

Dengan tersusunnya RDTR ini kita bisa melihat Mana lokasi perumahan, Indusri UKM, Pergudangan, Lokasi pertanian baik lokasi perkebunan ataupun agropolitan dan sebagainya, Semua lokasi itu menjadi potensi besar yang bisa kita kembangkan jika ditata dan dipetakan dengan rapih dan benar sesuai dengan geografis Desa.

“Apalagi desa Cintaratu yang berbatasan langsung dengan kota banjar, Tentunya segala dampak dari perkembangan kota banjar berdampak langsung kepada Desa Cintaratu,” ucapnya.

Desa Cintaratu merupakan pintu masuk wilayah Kabupaten Ciamis bagian timur sehingga dirasa sangat perlu sekali masuk kedalam RDTR kabupaten Ciamis. Manfaat lain dibuatnya RDTR juga untuk mencegah warga Cintaratu bermigrasi dan berinvestasi ke wilayah lain.

“Dengan tersusunnya tata ruang yang rapi, Benar yang sesuai dengan geografis Desa. Ke depan warga Desa Cintaratu bisa berinvestasi disini dan membangun desa Sendiri,” imbuhnya.

“Adapun dalam proses pembuatan RDTR ini kita akan melibatkan konsultan khusus dan melibatkan dinas PUPR Kabupaten Ciamis dalam bidang Tata Ruang,” pungkasnya.

(Cep Opik Fbi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.