Penggunaan HP Dan Akses Internet Berlebihan Bisa Memberikan Dampak Buruk Pada Anak

 

Kabupaten Ciamis, Www.Fokusberitaindonesia.com,-Tingkat pemakaian handphone (HP) saat ini semakin meningkat. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak usia dini juga termasuk pengguna HP yang cukup aktif. Walaupun alasan penggunaannya berbeda dengan orang dewasa, namun tetap saja penggunaan HP yang terlalu berlebihan bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Asep Saeful Rahmat S.ip M.Si di ruangan kerjanya mengatakan, Efek Digitalisasi dalam ruang lingkup kehidupan termasuk dunia pendidikan sangat besar pengaruhnya bagi keseharian kita dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, Termasuk salah satunya dengan penggunaan gadget untuk anak sekolah dasar.Jum’at 05/8/2022

“Gadget merupakan salah satu media kita dalam mencari informasi bahkan untuk belajar, Tetapi diharapkan dalam penggunaannya gadget tersebut harus senantiasa dalam bimbingan orang tua, Karena dengan HP seolah dunia itu dalam genggaman,” ungkapnya.

Asep menambahkan, Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dalam penggunaan gadget tersebut, tetapi tidak sedikit pula hal hal buruk yang akan mengganggu kesehatan anak-anak kita, Dengan penggunaan HP yang berlebihan salah satunya bisa mengakibatkan Gangguan tidur, Sifat agresif, Mengganggu pertumbuhan otak anak, Sifat ketergantungan pada gadget dan Potensi gangguan mental pada anak.

“Bahkan dalam beberapa hari ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat anak usia Sekolah Dasar di Desa Kiarapayung Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis yang tewas akibat ponselnya meledak saat diisi ulang daya itu menjadi perhatian kami sebagai orang yang berkiprah dalam bidang dunia pendidikan di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

“Dinas Pendidikan Ciamis sudah mengimbau kepada guru pendidik dan kependidikan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak kita dalam menggunakan dan lebih teratur agar tidak membahayakan,” tambahnya.

Asep juga menjelaskan, Sebaiknya dalam penggunaan Gadget atau HP anak-anak bisa lebih disiplin, gunakanlah sesuai kebutuhan, Kalau untuk belajar, gunakan untuk belajar dengan serius jangan sambil tiduran apalagi HP-nya sambil dicas jelas berbahaya, Jangan bermain ponsel dalam berkendara atau berjalan kaki karena berbahaya dan menimbulkan kecelakaan baik bagi sendiri maupun orang lain.

“Bukan hanya tugas dari pemerintah melalui Dinas Pendidikan saja ataupun pihak guru yang harus lebih berperan dalam pengawasan anak dalam menggunakan ponsel, tapi pihak orang tua juga sama harus lebih mengawasi dalam penggunaan ponsel agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali,” pungkasnya.

(Taofik Fbi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.