Ekonomi

Panen Raya Lakbok Menjadi Salah Satu Visi Dan Misi Bupati Ciamis Tercapai

Kabupaten Ciamis FBI ,
Www.Fokusberitaindonesia com,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di dampingi Wabup Yana D Putra, Sekda Kab. Ciamis H. Tatang, unsur Forkopimda bersama Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDM Kementrian Pertanian RI Bustanul Arifin Caya secara resmi membuka panen raya di Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok pada Jum’at (30/09/22)

Bupati Herdiat dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya atas panen raya di Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok ini, Kami mengucapkan terima kasih pada kepala BPPSDMP yang telah mempercayakan Kabupaten Ciamis sebagai salah satu dari tiga lokasi Demfarm padi Hibrida di Indonesia.

“Terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan yang telah diberikan, yang manfaatnya sangat dirasakan oleh para petani di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Pada panen raya di Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok saat ini akan dipanen sekitar 20 hektare padi hibrida Hipa 21. Panen raya ini menunjukan keberhasilan Bupati dalam mencapai Visi dan Misi Kabupaten Ciamis 2019-2022 terutama misi ke-4, memanfaatkan sumberdaya alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Bahkan kegembiraan atas panen raya ini tidak hanya dirasakan Pemerintah Kabupaten Ciamis saja tetapi dirasakan juga oleh Kementrian Pertanian RI, yang mana pada saat menghadiri rapat bersama Presiden beberapa waktu yang lalu  menyatakan keinginannya untuk datang ke Lakbok Ciamis.

Bahkan Bupati Herdiat menginformasikan jika jadwalnya tidak terkendala Wakil Menteri Pertanian RI ingin mengunjungi Lakbok pada awal Oktober 2022 mendatang.

“Nanti bulan Februari hingga April kita akan menghadapi panen raya padi, kami harapkan penyerapan gabah akan meningkat. Kami sangat mendukung kebijakan Kementerian Pertanian RI yang tidak mengeluarkan rekomendasi impor beras.” Ungkapnya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Padi Hibrida Hipa 21 merupakan padi unggulan yang memiliki banyak keunggulan baik dari segi rasa serta produksinya yang memiliki potensi sebanyak 11,1 ton per hektare nya.” tambahnya.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementrian Pertanian RI Bustanul Arifin Caya Sangat mengapresiasi kegiatan panen raya di Desa Baregbeg ini. Upaya yang akan dilakukan Pemerintah Pusat adalah dengan membuat para petani mudah untuk mendapatkan benih padi hibrida ini dengan harga yang terjangkau oleh para petani. Apresiasi juga untuk Kabupaten Ciamis yang telah menggabungkan antara bio Science, bio technology, serta mekanik pertanian modern dalam pertaniannya.

“Semoga dengan adanya Farmer Field Day ini mampu memberikan kontribusi besar bagi ketahanan pangan nasional. Dalam panen raya Lakbok juga dilakukan pencanangan Kabupaten Ciamis Swasembada beras untuk menyokong ketahanan pangan Nasional,” pungkasnya.

(Taofik Fbi)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button