BREAKING NEWS
Search

Muhamad Russel Anggalaksana Berbagi Pengalamannya Setelah Terpilih Menjadi Parlemen Remaja 2020 Mewakili Dapil 1 Jawa Barat.

www.fokusberitaindonesia.com Bandung (12/11/2020).Parlemen Remaja merupakan kegiatan edukasi parlemen yang diselenggarakan oleh DPR RI terkait pendidikan demokrasi dan politik kepada generasi muda agar dapat memahami tugas pokok dan fungsi dari DPR di Indonesia. Dengan total jumlah pendaftar mencapai 6.257 orang, terpilihlah 134 putra-putri terbaik seluruh Indonesia yang mewakili daerah pemilihan masing-masing. Sebuah kebanggaan sekaligus rasa syukur setelah melalui seleksi cv, esai, dan video. Muhamad Russel Anggalaksana tercantum dalam daftar nama peserta seleksi Parlemen Remaja 2020 untuk mewakili dapil 1 Jawa Barat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pertama kali dalam sejarah, Parlemen Remaja tahun ini diselenggarakan secara daring akibat kondisi pandemi. Namun, tentu saja hal itu tak meluluhkan semangatnya dalam menjalankan kewajiban dalam kegiatan ini. Tahun ini, Parlemen Remaja membawa tema “Gotong Royong Mengatasi Pandemi Covid-19, Optimis Kita Bisa!”


Kegiatan berlangsung pada tanggal 2 s.d. 6 November 2020. Hari pertama, kegiatan dibuka dengan sambutan Sekjen DPR RI, Ir. Indra Iskandar, M.Si. dan dilanjut pemberian keynotes speech oleh Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani. Ibu Puan berpesan bahwa “25 tahun lagi adik-adik berusia produktif sekitar 40 tahun yang akan mengambil keputusan penting ketika negara kita sudah berusia satu abad. Maka, sebagai generasi masa depan indonesia agar tetap menjaga identitas sebagai Indonesia dan jangan pernah lupa menerapkan ideologi Pancasila,” ujarnya dilanjut membuka kegiatan Parlemen Remaja 2020.
Hari pertama dan kedua berisi pemaparan materi terkait mekanisme kerja dan dinamika persidangan dewan sebagai bekal ilmu yang harus dimiliki oleh peserta parlemen remaja yang terpilih. Narasumber penting seperti Dr. Hj. Netty Prasetyani, M.Si (Anggota Komisi IX DPR RI), Paramitha Widya Kusuma (Anggota BURT DPR RI), hingga dr. Achmad Yurianto (Staf Ahli Menkes Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi) menambah rasa bangga sekaligus semangat kami dalam menjalankan kegiatan.

Hari ketiga, tak kalah serunya, disusun agenda kunjungan kerja ke tiga provinsi yang dinilai paling baik dalam penanganan pandemi Covid-19 di daerahnya. Terdiri dari Provinsi DKI Jakarta yang dihadiri Ir. Sabdo Kurnianto, M.Si (Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta), Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. (Gubernur Jawa Tengah) dan Provinsi Sumatera Barat oleh Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc (Gubernur Sumatera Barat) membahas strategi penanganan pandemi dengan memaparkan masing-masing kebijakan unggulan dalam mengatasi pandemi Covid-19 di daerahnya.


Hari keempat dan kelima menjadi puncak dari kegiatan Parlemen Remaja setiap tahunnya, yakni implementasi materi melalui simulasi sidang rapat kerja dan rapat paripurna untuk menyusun RUU terkait perubahan atas UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan setelah sebelumnya telah dipersiapkan bahan dan argumentasinya oleh masing-masing fraksi, selaras dengan mekanisme sidang perancangan UU oleh DPR yang sebenarnya. Meskipun, terdapat banyak perbedaan pandangan, namun semua dapat diselesaikan dalam rapat paripurna secara lancar. Kedua rapat ini sudah terpublikasi dan dapat dilihat melalui akun youtube resmi DPR RI. Seusai rapat, selesai pula tugas dan tanggung jawab kami menjadi Parlemen Remaja 2020 dan ditandai dengan penutupan kegiatan oleh Sekjen DPR RI, Ir. Indra Iskandar, M.Si.

Dalam kegiatan ini, banyak pelajaran yang dapat di ambil. Belajar untuk kritis, berani mengungkapkan pendapat, dan menerima keputusan dengan lapang dada adalah hal yang sudah pasti didapatkan dalam kegiatan ini. Satu hal dalam kegiatan ini yang menurut Muhamad Russel Anggalaksana cukup krusial adalah pentingnya untuk bekerja sama dan berkoalisi untuk mencapai tujuan bersama. Dapat dibayangkan dalam masa pandemi seperti ini apabila dalam rapat/sidang dewan dan setiap orang tetap teguh pada pendiriannya, tentu hasilnya tidak akan selesai sedangkan rakyat membutuhkan kebijakan yang harus secepat mungkin dikeluarkan. Hal yang menurutku harus dibentuk oleh generasi muda, dimanapun situasinya.

Terakhir pesan untuk generasi muda Indonesia, “kembangkan terus potensi yang kalian miliki. Ingat selalu bahwa peran kalian sebagai calon penerus bangsa ditentukan dari apa yang kalian lakukan hari ini. Saatnya kalian membuktikan bahwa kalian bisa menjadi generasi penerus yang unggul dan dapat memajukkan bangsa ini” Tutupnya.

Ringkas profile Muhamad Russel Anggalaksana adalah putra dari Ibu Yunie Arlini dan Bapak Nurul Mujtaba Anggalaksana, kelahiran Bandung 18 Juli 2002 dan masih berstatus pelajar di SMAN 5 Bandung. Berbagai kegiatan Organisasi dan prestasi telah dia tempuh di usia mudanya, salah satunya aktif di OSIS SMAN 5 Bandung 2018/2019, Wakil Ketua Forum Anak Kota Bandung 2018/2019, Sekretaris Forum Anak Bandung 2019/2020 dan Anggota Divisi 2 Forum Anak Kota Bandung 2015/sekarang. Prestasi yang telah didapat Duta Anak Kota Bandung 2018 dan 2020, Representasi Majalah Provoke Volume 11 2019, dan yang teranyar Parlemen Remaja 2020. Masih banyak pengalaman berharga yang telah di tempuh salah satunya Dialog Bersama Menteri PPPA RI 2020.

Sumber : Muhamad Russel Anggalaksana
(Red/Dini)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *