Ragam Berita

Mata Air Keramat Di Permandian Air Panas Cilengsi

Kab. Sumedang
www.fokusberitaindonesia.com ,- Sabtu (13/11/21) ,- Objek Wisata Pemandian Air Panas Cilengsing , sudah kembali dibuka kurang lebih 2 bulan yang lalu, tempat yang tidak jauh dari Gunung Tampomas ini memiliki Mata Air Keramat dan sumber mata air panas alami, tepatnya berada di Dusun Cilengsing Rt15/Rw04, Desa Cilangkap, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.
Di lokasi air panas Cileungsing bukan hanya terdapat mata air keramat, juga sudah menjadi objek wisata dengan pasilitas penginapan dan kolam renang air panas, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp5.000,- sampai Rp15.000, – /orang.
Di daerah ini (Buah dua/red) banyak sekali muncul air panas lebih dari 10 titik, tetapi yang letaknya dipinggir jalan dan debit airnya yang cukup tinggi adalah Cipanas Cileungsing dan Cipanas Conggeang, yang berbeda dengan umumnya pemandian air panas lainnya, Cipanas Cileungsing ini debit airnya kurang lebih 50 liter perdetik dan rasanya panas sekali. Panasnya panas asli alami bukan panas buatan dan terbukti dengan bau belerang yang cukup tinggi sehingga banyak sekali pengunjung yang datang untuk mengobati sakit kulit, reumatik dan lain-lain.

Iwan salah seorang anak dari Juru Kunci Abah Datim menerangkan, “Murninya karena Gunung Tampomas kan masih aktip, mungkin karena tidak meletus bisa saja keluar air panas kata orang mah begitu kan, kita juga kan ngga tau, di daerah sini juga ada lima tempat air panas diantaranya ada Cipanas Sekarwangi yang masih dibangun, terus ada Cipanas Cibubuan yang di tengah selokan, Cipanas Cihaseum yang di tengah perkampungan, Cipanas Ciledre yang ditengah sawah dan Cipanas Cilengsi”, Terangnya, kepada Wartawan FBI, Jumat (12/11/21)

Iwan Menambahkan “Kelebihan Cipanas Cileungsi yaitu yang kesatu suhunya stabil terus debit air nya lebih banyak, suhu air nya juga lebih panas dibanding empat tempat yang tadi, kalau di sana mungkin suhu air nya kurang lebih 30 derajat, kalau disini panas suhunya masih 37-38 derajat”, Imbuhnya.

Kata Iwan jarak dari sini ke Gunung Tampomas kalo berjalan kaki bisa ditempuh selama 6 – 7 jam.
Di Cipanas Cilengsing ini juga ada Mata Air Keramat, “Cerita turun temurun dulunya petilasan Prabu Siliwangi dengan Prabu Tajimalela, disebutnya Sumur Asal Sumber Asal, jadi dulunya sewaktu Prabu Siliwangi dan Prabu Tajimalela sedang bersemedi/bertapa di Gunung Gede beliau mimpi pertemuan bersama istrinya, karena orang tua jaman dulu sakti beliau nginjak bumi tiga kali, nah katanya panasnya hasrat saya seperti itu, dari situlah keluarlah Air Panas Asal, itulah asal mula cerita sejarahnya” Jelas Iwan. (Asep Ruhiyat)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button