BREAKING NEWS
Search

KAPOLDA JABAR TINJAU LANGSUNG LOKASI BENCANA TANAH LONGSOR CIMANGGUNG

Kab Sumedang www.fokusberitaindonesia.com (10/01/2021) ,-Kapolda Jawa Barat IRJEN POL Ahmad Dofiri, meninjau langsung tempat kejadian bencana tanah longsor di Cimanggung Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Ahmad Dofiri memberi keterangan kepada awak media “Oleh karena itu untuk pelaksanaan patwas yang tadinya jam 9 kita juga masih melihat situasi cuacanya, kemudian yang kedua lihat pergerakan tanah karena masih belum terawat, tapi kita akan upayakan secepat mungkin, karena dimungkinkan masih ada juga korban yang masih tertimbun, tapi ya mudah-mudahan nanti kita bisa selesaikan dengan evakuasinya, tapi sekali lagi kita tetap menghitungkan kondisi alamnya terlebih lagi nanti kalau cuaca nya hujan, kita lihat disini lokasinya memang cukup rawan kita harus menghitung itu semua, ini yang sedang kita dalami juga ya diantara masih ada yang tertimbun itu siapa-siapa karena memang disitu ada beberapa juga masyarakat yang berkerumun di sekitar lokasi ini informasi seperti itu, karena bagaimanapun juga faktor keamanan daripada sipetugas yang akan mengevakuasi menjadi perhitungan kita juga” Ungkapnya.

Jika terjadi kelalaian bagaimana “Nanti kita akan dalami sisi perizinannya seperti apa, jikalau area seperti ini dibangun perumahan ya seyogyanya memang sangat rawan, tetapi nanti itu pekerjaan kita selanjutnya akan kita dalami” Imbuhnya.

Saat dikonfirmasi oleh Wartawan Fokus Berita Indonesia ‘Tabloid dan Online’ Awal mula Kejadian, kesaksian warga setempat Daud (61) yang rumah nya tepat di dekat lokasi kejadian Rt03 / Rw10, Ds. Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, “Awalnya hujan sangat deras setelah hujan agak kecil, lalu ada suara itu meledak duwaar begitu ya, langsung ngeriwik sangat kencang suara lumpur-lumpur mengalir langsung meledak itu kejadian pertama sekitar kira-kira jam 15.30 Wib habis Adzan Ashar lah, terus terjadi longsor susulan kedua sekitar kira-kira Jam 16.15 Wib Sabtu (09/01/2021), rumah saya sendiri tertimpa sedikit longsoran lumpur, cuma kerugian barang mah cuma tertimpa sedikit jadi kerugian barang cuman sedikit saja, tapi pinggir rumah kena lumpur semua, tapi juga banyak rumah yang tertimpa dan kebawa longsoran lumpur tersebut kurang lebih sekitar 35 rumah” Ujarnya.

Sementara itu Sdr. Yosep Ketua Patimura ( Team Relawan dari Ojol ) memberi keterangan “Untuk titik berkumpul warga ada di tiga titik yaitu di Rw05, Rw06 dan di Puskesmas Sawah Dadap”, Terangnya.
(Asep Ruhiyat)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *