Seputar Jabar

Kadisnakan Kabupaten Ciamis Kampayekan Gerakan Makan Ikan Di Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya

Ciamis FBI, Www.Fokusberitaindonesia.com,-
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Sosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan yang mulai tahun 2004 bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Acara yang dilaksanakan di Aula Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan penting nya gizi dan vitamin dalam ikan guna meningkatkan  angka konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Ciamis, Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Drs. Syarif Hidayat, M.Si, Camat Sadananya Maman S.pd Kades Tanjungsari dan undangan lainnya. Kamis 21/7/2022


Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan
H.Syarif Hidayat, M.Si mengatakan, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk generasi bangsa yang sehat, kuat dan cerdas. Dengan budaya makan ikan sejak dini maka akan terbentuklah generasi penerus bangsa yang berkualitas. Dalam Sasaran utama  dari program ini adalah ibu adalah hamil, ibu menyusui dan balita stunting.

“Berilah gizi kepada setiap individu maupun kolektif masyarakat dengan gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa” ungkapnya.

Syarif juga menambahkan, Sebagai salah satu  sumber protein yang murah dibandingkan  dengan  daging, dengan segenap  keunggulannya haruslah menjadi  hidangan prioritas. Ikan dapat diolah  menjadi menu hidangan yang menarik melalui diversifikasi  olahan seperti sosis, nugget, bakso,abon ikan serta diversifikasi produk olahan berbahan ikan lainnya.

Sementara Kabid Bidang KKP dan Ketua Tim Kerja Kelompok Substansi P2HP Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Erfan mengatakan, Alhamdulillah di Desa Tanjungsari di adakan dua kegiatan pertama kegiatan Stanting untuk balita dan anak anak dan kedua kita adakan Bintek tata cara menjadikan ikan sebagai menu utama makan karena banyak mengandung gizi yang baik bagi tubuh.

“Kegiatan ini di bimbing oleh dua kader dalam mensosialisasikan dan memberikan pengarahan bagaimana cara mengolah ikan , Dimana ikan itu bukan hanya di goreng atau di bakar saja tetapi bisa diolah menjadi Nugget, MPek – MPek , Otak-Otak, Baso ikan dan lainnya,” pungkasnya.

(Taofik Fbi)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button