Hukum & Kriminal

Kades Dan Plt Sekdes Barat Kompak Masuk Bui Karena OTT Pungli Oleh Polres Lumajang

 

Lumajang, FBI.wwwfokusberitaindonesia.com- Setelah sebelumnya Plt sekdes barat kecamatan Padang kabupaten Lumajang SGT (42) mendahului terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT), akhirnya menyeret nama kadesnya SPR (64). Dalam dugaan persekongkolan melakukan tindak pidana korupsi (Pungli) Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Ibaratkan sepasang suami istri mereka berdua tidak bisa terpisahkan dalam segala hal, termasuk saat ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan dalam konfrensi pers yang digelar dimapolres Senin (29/08/2022).
Menurut pengakuan mereka, warga dibebani biaya Rp 500 ribu/orang. Dengan modus pembayaran pengambilan surat tanah yang diurus melalui program PTSL tahun 2019.
Padahal sudah membayar adiminitrasi sebelumnya Rp 360 ribu, itu kesepakatan bersama.” Papar Kapolres Lumajang.

Sekarang telah diamankan barang bukti hasil korupsinya berupa uang sejumlah Rp 74 juta , Plt sekdes SGT mengakui semua itu atas perintah kades SPR. Dan berdalih adanya perdes yang dibuat oleh mereka untuk kepentingan memperkaya diri. Kasus ini sudah memasuki tahap SP21 dan kami limpahkan kekejaksaan Negeri Lumajang.” Imbuh AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

  1. Atas perbuatanya tersangka dijerat pasal 12 e dan pasal 11 Undang-undang 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman penjara seumur hidup, paling sedikit 4 tahun dan paling lama 20 tahun. Dengan denda paling sedikit sebesar Rp 200 juta dan paling besar 1 milyard. (Den).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button