BREAKING NEWS
Search

IPDN,kembali menyuarakan aspirasinya terkait pilkada serentak di indonesia dalam kegiatan webinar nasional dengan tema “menyongsong sukses pilkada serentak 2020 ditengah pandemi covid-19

Sumedang, 02 september 2020

Sumedang,fokusberitaindonesia.com-Rabu (02/09/2020), Pelaksanaan webinar ini diselenggarakan pada pukul 09.00-12.00 WIB di IPDN Kampus Sumatera Barat. Selain disaksikan secara langsung, webinar ini juga dapat disaksikan melalui live Zoom dengan link https://bit.ly/SEMINARNASIONALPILKADA serta live streaming youtube Humas Praja Sumbar https://www.youtube.com/channel/UCRoqbUVhu7dgOqKK9C7sgq/featured. Hadir mewakili Rektor IPDN yakni Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd yang juga sekaligus bertindak sebagai keynote speaker dalam kegiatan tersebut, didampingi oleh pejabat IPDN lainnya. Staf Khusus Kemendagri Bidang Politik dan Media, Dr. Kastorius Sinaga, dan Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit hadir langsung di Kampus IPDN Sumbar untuk menjadi narasumber webinar. Sedangkan narasumber lainnya yakni Direktur Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD Maria Ivoneta., Sp, Plt. Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika Antonius Malau dan Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari, S.H., M.Si., Ph.D hadir secara virtual melalui aplikasi zoom. Webinar ini dituntun secara apik oleh Sherly Zulkarnaen, S.Pt (penyiar TVRI Sumbar) selaku moderator acara.
Pada kesempatan ini, pembahasan mengenai tahapan dan metode pelaksanaan pilkada serentak ditengah pandemi covid-19, bagaimana protokol kesehatan yang nantinya diterapkan serta tantangan-tantangan yang nantinya akan dihadapi, menjadi topik yang diangkat oleh para narasumber. “Indonesia sudah melaksanakan lompatan-lompatan demokrasi yang sangat besar hingga sampai kepada pilkada serentak ini. Tahun ini, pilkada serentak akan berbeda karena diselenggarakan ditengah-tengah pandemik covid-19, untuk itu sama seperti yang sering diucapkan oleh Mendagri bahwa kita harus memilih pemimpin yang peduli pada covid-19, ini dapat dijadikan barometer tingkat kepedulian kedepannya”, ujar Warek Bidang Kerjasama IPDN saat membuka kegiatan webinar. Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari, S.H., M.Si., Ph.D menyampaikan bahwa KPU sampai saat ini sudah melakukan simulasi-simulasi pelaksanaan Pilkada Serentak ditengah wabah covid-19, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 “Kami sudah melakukan simulasi Pilkada Serentak dengan menerapkan protokol kesehatan, tanggal 28 Agustus 2020 kami melakukan simulasi Pilkada di Kabupaten Indramayu dan pemilih yang hadir hanya 50%”, ujar Hasyim Asy’ari.
Bertepatan dengan pelaksaan webinar, IPDN juga melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. MoU dan PKS ini terkait kerja sama pendidikan dan program pendampingan kepamongprajaan. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pelaksanaan praktik lapangan, bhakti karya praja dan kuliah kerja nyata bagi praja IPDN, pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan profesi kepamongprajaan dan program pasca sarjana Ilmu Pemerintahan. “Sumber Humas IPDN jatinangor ( red/ indra iskandar)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *