BREAKING NEWS
Search

HIMA PKnH UNPAS Menggelar Webinar Memperingati Sumpah Pemuda

www.fokusberitaindonesia.com BANDUNG,(04/11/2020)— Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Universitas Pasundan ( HIMA PKnH Unpas) menggelar webinar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan tema implementasi nilai-nilai sumpah pemuda di era adaptasi kebiasaan baru pada Rabu (28/10/2020) yang disiarkan langsung oleh YouTube PasTV.

Dalam acara ini turut diumumkan pula pemenang lomba kebangsaan tingkat SMA/SMK / MA Se-Jawa Barat yang sebelumnya diselenggarakan oleh HIMA PKnH.

Adapun narasumber dalam webinar yaitu Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang Miftahul Farid Sukur S.Pd, Forum lingkar Studi Jaringan Pemuda Setara Eva Nurcahyani dan Ketua Karang Taruna Kota Bandung Andri Gunawan.

Sementara itu opening speech diberikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Asep Deni Normansyah, M.Pd dan Ketua Umum HIMA PKnH Periode 2020-2021, Irwan Hendrawan.

Turut hadir Presidium kordinator pusat Gerakan mahasiswa pasundan yang juga alumni PPKn FKIP Unpas dan juga Demisioner Ketua Umum HIMA PKnH priode 2017-2018 yaitu saudara Rajo Galan S.Pd .

Dalam sambutannya Ketua Umum HIMA PKnH Periode 2020-2021 Irwan Hendrawan mengungkapkan bahwa ia bersyukur bahwa sejauh ini HIMA PKnH sudah mampu menyelenggarakan beberapa kegiatan yang isinya dapat menunjang ekspansi keluasan keilmuan bagi seluruh mahasiswa.

“28 Oktober adalah sebuah momentum yang mengharukan mengingat betapa pentingnya pemuda dalam bingkai persatuan dan kegiatan hari ini adalah sebuah tolak ukur investasi Hima PKnH dalam upaya untuk berkontribusi dalam membangun peradaban,” terangnya.

Sumpah pemuda yang pernah digelar pada 28 oktober 1928 lanjut Irwan meskipun telah berlalu berpuluh-puluh tahun, namun kongres pemuda saat itu tetap menjadi narasi pemantik bagi persatuan dan perjuangan pemuda di kalangan mahasiswa.

“Sumpah pemuda adalah keteladanan moral dan keberanian di masa lampau yang memantik mahasiswa untuk bersatu di antara perbedaan yang ada. Sejarah sumpah pemuda adalah persatuan, dan hal itu tentu bukan hanya akan kita perjuangkan dalam orasi dan literasi tapi juga refleksi dalam langkah nyata,” tandasnya.

Irwan berharap bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMA PKnH, di mana salah satunya adalah lomba pidato kebangsaan tingkat SMA/SMK/MA dapat mendorong para pemuda untuk berkontemplasi dan terus berkarya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Asep Deni Normansyah, M.Pd menyampaikan bahwa Hima PKnH memiliki komitmen untuk melaksanakan kegiatan baik program kerja maupun langkah yang menjadi tanggung jawab juga inspirasi.

“Dalam acara ini kita membahas bagaimana spirit nilai sumpah pemuda khususnya bagi mahasiswa bisa memberikan dampak agar terdorong melakukan sesuatu, meskipun sebuah hal yang kecil. Sebab sebuah hal yang besar di mulai dari hal yang kecil,” ucapnya.

Asep menambahkan bahwa narasumber dalam webinar ini memberikan sharing pengalaman dan inspirasi khususnya yang berkaitan dengan generasi muda agar pemuda saat ini bisa menjadi bingkai nomor satu, yakni pemersatu dalam berbangsa dan bernegara.

“Sebelumnya HIMA PKnH telah melaksanakan bakti sosial,lomba pidato dalan lain-lain. Ke depan akan kembali diadakan webinar baik dalam skala nasional maupun internasional dan kami berupaya memberikan manfaat sekecil apapun, serta bisa mengimplementasikan filosofi katara ayana karasa manfaatna, di mana HIMA PKnH akan terasa keberadaanya dan manfaatnya,” ulasnya.
(Dini/Rajo)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *