BREAKING NEWS
Search

Bupati Luwu tegaskan kepada para kades SPJ harus sesuai tempat waktu

Luwu, 29 nopember 2019

Luwu Sulawesi Selatan FBI —Bupati Luwu H.Basmin Mattayang, menghadiri acara Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Pemerintahan Desa dan Pembangunan Desa tahun 2019 serta penyusunan perencanaan kegiatan anggaran 2020 (Rakornas Evaluasi APBDes 2019-2020) Di Aula Andi. kambo kompleks kantor Bupati Luwu. Kamis, 28 November 2019

Dalam sambutannya Bupati Luwu tegaskan pada para Kepala Desa(Kades) agar Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) per triwulan dan akhir tahun harus di laporkan tepat waktu.

“Kepala Desa itu punya tanggung jawab mempertanggung jawabkan uang Negara, ada Kepala Desa yang masih bolong dalam mengelola pertanggung jawaban di Desanya. Melakukan pertanggung jawaban dalam pengelolaan uang negara belum maksimal. ada dua hal yang jadi masalah, ada yang memang tidak tahu dan ada juga sengaja memperlambat.” ungkap Basmin

Basmin menjelaskan “Kita melakukan rapat koordinasi hari ini itu untuk menyatukan persepsi bagaimana sesungguhnya melakukan tata kelola keuangan di Desa. Setiap Desa itu mengelola uang Negara 1 Miliar – 1,4 Miliar tujaunnya untuk pemberdayaan masyarakat Desa.”

Lebih lanjut Basmin menerangkan pada seluruh Kades “Yang harus saudara ketahui bahwa Gubernur adalah pembantu Pemerintah Pusat, Bupati adalah pembantu dari Gubernur dan Desa adalah pembantu dari Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dana desa itu harus dikawal dengan baik, kenapa harus dikawal dengan baik karna Ratusan juta uang negara yang di kelola di Desa jika dalam pengelolaannya salah maka itu akan merugikan Negara.

Basmin menghimbau Kades agar mengamalkan 3 kunci sukses sebagai Pemimpin Desa yaitu; Tertib Personil, Tertib Administrasi dan Tertib Lingkungan. Tertib Personil maksudnya itu berkenaan masalah waktu kedatangan ke kantor. Tertib Admistrasi maksudnya tertib dalam mengelola keuangan di Desa. Tertib Lingkungan itu yakni dengan menjaga kebersihan tata lingkungan di desa.

Kemudian Bupati Luwu H.Basmin Mattayang menegaskan bahwa para kades se-kabupaten Luwu agar betul-betul memanfaatkan dana desa dengan baik supaya dana desa yang di kucurkan oleh pemerintah pusat untuk ke setiap desa dapat dirasakan masyarakat melalui pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur, tegasnya H.Basmin Mattayang selaku Bupati Luwu.

Dalam acara tersebut hadir pula : Ketua DPRD Kabupaten Luwu, Para anggota Forkopinda Kabupaten Luwu, Pabung, Wakapolres, Camat se-Kabupaten Luwu,Kepala Desa se-Kabupaten Luwu dan para undangan yang sempat hadir dalam tersebut.(Sukardin)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *