oleh

Bupati Luwu Sulawesi Selatan Melakukan Kunker Ke Desa Panjalu Kabupaten Ciamis

Kabupaten Ciamis,
Www.Fokusberitaindonesia.com,-Didampingi Sekretaris Daerah H Tatang, Kejari Kabupaten Ciamis Erny Veroniva Maramba SH, Dinas DPMD dan beberapa unsur Forkopinda lainya, Kepala Desa Panjalu H Yuyus Surya Adinegara menerima kunjungan Bupati Luwu Provinsi Sulawesi Selatan H Basmin Mattayang yang di dampingi Kejari Kabupaten Luwu serta unsur SKPD lainnya di Kantor Kepala Desa Panjalu, Selasa 26/6/2022.

Kunjungan tersebut dalam rangka study banding pokja Posyandu Langensari yang menyandang predikat sebagai Posyandu terbaik (juara 1) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kepala Desa Panjalu H Yuyus Surya Abdinegara dalam sambutannya mengatakan sangat merasa bangga dan bahagia bisa bersilaturahmi dengan jajaran pemerintahan Kabupaten Luwu, Adanya kunjungan ini berkat kerjasama yang baik dengan jajaran pemerintahan Kabupaten Ciamis.

“Terimakasih kepada bapak Bupati Kabupaten Ciamis H.Herdiat Sunarya yang telah membina kami sehingga kami merasa sangat bangga dan bahagia dengan adanya kunjungan Bapak Bupati Luwu ke Desa kami Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu ,Kabupaten Ciamis, semoga menjadi berkah untuk kita semua,” ungkapnya.

“Dimasa Pandemi Covid 19 yang lalu, kami mencoba terus menata Panjalu serta menggali segala potensi yang ada, sebagai Desa wisata yang luas wilayah sekitar 906,91 ha dengan jumlah penduduk 12.538 jiwa yang terbagi di 11 Dusun 71 RT dan 31 RW, bagi kami itu semua sebuah berkah yang sangat luar biasa baik potensi manusianya maupun potensi alamnya, Di samping itu kami juga memiliki banyak sekali potensi yang bisa digali, diantaranya seni dan budaya serta Olahraga,” tambahnya.

Potensi paling besar yang di miliki oleh Desa Panjalu yaitu Obyek Wisata Situ Lengkong dan situs sejarah yang luasnya sekitar 79 hektar yang dilingkup oleh beberapa Nusa, Seperti Nusa Pakel, Larang dan Ujung Winangun, Dimana nusa nusa itu sendiri menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah, Jika sedang berada di nusa tersebut bisa merasakan segarnya, Sejuknya dan alaminya udara Panjalu.

“Kami pemerintahan Desa Panjalu memiliki beberapa program pemberdayaan, yang diantaranya program kesehatan gratis dengan tema panjalu sehat, Rutilahu dengan harapan tahun 2026 Desa Panjalu terbebas dari rumah yang tidak layak huni,” ujarnya.

“Kami juga memiliki Lumbung padi, Inovasi budidaya cacing Tegger, serta penanaman kacang Sancaici yang asalnya dari hutan amazon yang kami mengalokasikan lahan kurang lebih 40 hektar, pengelolaan sampah organik dan non organik , Bumdesa yang bergerak di bidang simpan pinjam, pengelolaan pasar Desa, Pos dan Giro, soppee shop, pengelolaan PDAM serta destinasi wisata,” jelasnya.

“Di tahun 2021-2022 Desa Panjalu meraih beberapa penghargaan, Di antaranya juara 1 IDM tingkat Kabupaten dan provinsi, Juara ke -3 IDM Nasional, juara 1 Posyandu tingkat provinsi dan juara 1 PHBS tingkat Provinsi Jawa Barat. Desa Panjalu juga sebagai Desa Binaan PT Dirgantara Indonesia di bidang lingkungan hidup dan pemberdayaan yang di inisiasi oleh Kejari Kabupaten Ciamis dengan tema Restoratif Justice,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis beserta jajarannya, khusus terutama kepada ibu Kejari Erny Veronica Maramba SH dan jajaran Pemerintahan Desa Panjalu walaupun perjalanan yang cukup melelahkan terasa terobati dengan ramahnya penerimaan disini, baik dari pemerintahnya maupun dari masyarakat.

“kami ucapkan terimakasih kepada ibu Kejari Kabupaten Ciamis yang memberikan informasi dan edukasi tentang Panjalu, Sehingga kami ke Kabupaten Ciamis ini ada dua tujuan, Yang pertama ingin bertemu dengan ibu kejari yang lama tidak berjumpa banyak sekali kenangan bersama beliau dan yang ke dua bertemu dengan jajaran pemerintahan Kabupaten Ciamis termasuk pemerintahan Desa Panjalu, Mudah mudahan berkat kunjungan ini kami bisa meniru dan menerapkan juga apa yang di kembangkan di Panjalu,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Bupati Luwu juga menyempatkan untuk melihat-lihat produk UMKM kerajinan tangan dan olahan makanan yang dikembangkan di Desa Panjalu.

(Taofik Fbi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed