oleh

Bupati Kukar , Target Meningkatkan Hasil Panen Pertanian

Kutai Kartanegara FBI, www.fokusberitaindonesia.com – Untuk koordinasi lebih lanjut dalam mengembangkan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Bupati Kukar, Edi Damansyah adakan silaturahmi bersama Penyuluh Pertanian Lapangan, Penyuluh Swadaya, dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani, Nelayan Andalan (KTNA) Kukar.

Silaturahmi ini diadakan di Taman Tekhnologi Pertanian Tenggarong Seberang.
Edi menyebut silaturahmi ini dilakukan bersama pelaku dan penggerak pertanian di Kukar.

“Acara intinya adalah Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Sutikno memaparkan konsep perencanaan strategis dan pembangunan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Kukar,” ungkap Edi.

Dalam pertemuan beserta silaturahmi ini adapun pemaparan dari Distanak terkait penyusunan anggaran pada tahun 2023. Edi berharap penyusunan tersebut dapat berbasis kepada rencana strategis yang data-datanya sangat lengkap.

“Semacam koordinasi juga untuk menguatkan kembali. Bahwa sektor pertanian salah satu sektor andalan di Kukar,” terangnya.

Dibeberkan juga dalam pertemuan ini adalah data lahan fungsional dan beberapa persoalan pertanian yang dihadapi Kukar selama ini. Dan ditetapkan target untuk bagaimana dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

“Misalkan kita bicara existing pengembangan padi sawah di Kukar. Itu bagaimana peningkatannya. Kita sekarang ini baru mengarah ke R3 atau setahun tiga kali musim tanam. Sementara di daerah lain sudah R4,” ujar Edi.

Orang Nomor Satu di Kukar ini sampaikan agar Distanak dapat mempercepat perkembangan pertanian dalam beberapa titik. Titik tersebut difokuskan dalam 6 kawasan di Kukar. Yakni Kecamatan Marangkayu, Loa Kulu, Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman.

“Kawasan ini kalau dihitung ada sekitar 8.100 hektar. Dan kita ingin kawasan ini bentuknya nanti ekosistem pembangunan pertanian. Jadi hulu hilirnya. Mimpi kita bisa mendekati food estate, makanya kita fokus di lima kawasan itu. Bukan juga Kecamatan Desa ini tidak kami urusi. Tapi di kawasan ini kami ingin membangun ekosistemnya,” tutur Edi.

Pada kesempatan ini, Edi bersama jajaran Pemkab Kukar juga salurkan bantuan kepada beberapa kelompok tani yang berprestasi. Sebagai bentuk apresiasi, ada 59 unit laptop yang dihibahkan.

“Mudah-mudahan ini bagian dari penunjang aktifitas yang sudah dilakukan kelompok tani, khususnya gapoktan,” pungkas Bupati Kutai Karta kartanegara ( dayat )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed