Seputar Jabar

Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMA Negeri 4 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023

Bandung FBI. www. fokusberitaindonesia.com | Teti Ismayati S.Pd.,,Mp.Kim Selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 4 kota Bandung menjelaskan latar belakang adalah hasil PISA (Programme for International Student Assessment) membuktikan kemampuan belajar siswa pada pendidikan dasar dan menengah kurang memadai.Pada tahun 2018 sekitar 70% peserta didik memiliki kompetensi literasi membaca dibawah minimum, sama halnya dengan keterampilan matematika dan sains, 71% peserta didik dibawah minimum untuk matematika, dan 60% Siswa dibawah kompetensi minimum untuk keterampilan sains.Skor PISA Indonesia stagnan dalam 10-15 tahun kondisi ini menyebabkan Indonesia menjadi salah satu Negara yang konsisten dengan peringkat hasil PISA yang terendah.

Untuk menanggapi kondisi tersebut reformasi asesmen diperlukan guna mendorong peningkatan kualitas pembelajaran, pemetaan mutu pendidikan secara menyeluruh yang dibutuhkan pada tahun 2022 ini, Asesmen Nasional (AN)akan resmi diterapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Kebijakan ini ditetapkan berdasarkan hasil koordinasi kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan sejumlah Dinas dan lembaga Asesmen Nasional adalah Program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran disatuan pendidikan, dan nantinya hasil assessment Nasional tidak memiliki konsekuensi apapun pada pencapaian Proses belajar siswa Namon memberikan umpan balik untuk tidak lanjut pembelajaran dan kompensasi peserta didik.

Istilah penting Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen Asesmen Komputer Minimum (AKM) survei karakter dan survei lingkungan belajar. Asesmen Komputer Minimum adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam titrasi membaca dan literasi matematika (Numerasi). Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami ,mengunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Negara Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dimasyarakat.Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur,fakta ,dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Negara Indonesia dan survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap kebiasaan Nilai-nilai (values) berdasarkan aspek profil pelajar Pancasila.Survei lingkungan belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab pelaksanaan Asesmen Nasional adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional pada tingkat pusat provinsi, kabupaten/ Kota satuan pendidikan dan sekolah Indonesia di luar Negeri.

Peserta Asesmen Nasional adalah siswa kelas XI yang ditentukan secara random oleh sistem dari Kemendikbud yang data siswanya diambil dari dapodik sebanyak 50 peserta yang terdiri dari 45 siswa peserta utama dan 5 siswa peserta cadangan. Tempat dan waktu pelaksanaannya di SMA Negeri 4 kota Bandung JL.Gardujati No 20 Bandung , Waktu Simulasi ANBK Senin Tagal 8 Agustus tahun 2022, Gladi Bersih ANBK Tagal 24 Sampai 25 Agustus 2022 , Dan Pelaksanaan ANBK 31 Agustus Sampai 1 September 2022.Adapun bentu soal AN terdiri dari dua, a. Bentuk soal objektif ( pilihan ganda kompleks, menjodohkan dan isian singkat) b.Bentuk Soal non objektif ( uraian) Jelasnya ” ( Nasir Ilham)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button